Kegiatan Outing Class MIN 13 Jakarta Timur

Penulis : Sri Turi Saenah N, S.Pd
Tugas : Guru MIN 13 Jakarta Timur
Email : min13jaktim.srituri@gmail.com

Pagi hari yang cerah mengiringi perjalanan siswa-siswi kelas 1A menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari Selasa, 26 Februari 2019. Keberangkatan menuju TMII ini adalah dalam rangka menyelenggarakan kegiatan outing class yang diikuti oleh 32 siswa-siswi, wali kelas dan juga koordinator kelas serta beberapa wali murid yang ikut mendampingi. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa-siswi terkait dengan keberagaman budaya di Indonesia yang terefleksikan di dalam TMII. Kegiatan belajar di luar sekolah ini diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa-siswi agar semakin mengerti dan paham tentang realita kekayaan yang dimiliki Indonesia.

Salah satu objek pembelajaran yang dapat ditemui di TMII ialah Museum IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Siswa-siswi dapat mencoba berbagai macam alat peraga yang  beberapa diantaranya ialah rumah peraga simulasi tsunami, rumah sains, rumah kaca dll. Dalam rumah peraga tersebut siswa-siswi dapat belajar terkait kebermanfaatan teknologi yang sangat canggih. Selanjutnya siswa-siswi juga mengunjugi Museum Air Tawar juga Museum Serangga yang dimana dikedua museum tersebut mereka dapat mengenal dan mengetahui lebih dalam tentang jenis-jenis hewan laut dan serangga yang terdapat di Indonesia.

Siswa-siswi sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan outing class ini. Hal tersebut dapat terlihat dari keseriusan mereka dalam mendengarkan penjelasan guru terkait objek-objek yang dikunjungi, mengamatinya dengan baik hingga dalam mengisi lembar kerja yang telah dibuat sebelumnya dapat diisi dengan cermat oleh mereka.

Selain itu siswa-siswi juga dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang kritis terkait dengan hal-hal yang mungkin baru saja mereka temukan saat itu.

Kegiatan outing class ini mengangkat dari tema Pengalamanku yang terdapat dalam buku pembelajaran. Untuk itu suatu tema yang diaplikasikan dalam bentuk kegiatan outing class ini dirasa sangat mendukung proses siswa-siswi dalam belajar untuk dapat lebih memiliki banyak pengetahuan lebih dan juga pengalaman tersendiri. Sehingga siswa-siswi tidak hanya mendapat nilai tambahan tetapi juga dapat merasakan kegiatan belajar yang lebih menyenangkan.

Terakhir, kegiatan outing class ini dapat terlaksana karena adanya perizinan dari Kepala Madrasah MIN 13 Jaktim. Tidak lupa dengan adanya dukungan dan kerjasama yang baik antara guru dengan koordinator kelas juga wali murid, kegiatan ini dapat berjalan baik. Terkhusus untuk siswa-siswi kelas 1A yang sangat cerdas dan aktif dalam melaksanakan kegiatan ini sehingga kegiatan outing class dapat berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below