Pendidikan Berkarakter Melalui Sholat Berjamaah

Penulis : Yati Sumiati

Tugas : MIN 13 Jakarta

Email : yatisumiyati1967@gmail.com

Jakarta . MIN 13 Jakarta Timur dalam rangka menanamkan pendidikan berkarakter kepada seluruh siswa siswi melakukan berbagai cara dan strategi.
Salah satu upaya yang secara rutinitas dilakukan adalah melalui kegiatan sholat Zuhur berjamaah. Dalam kegiatan ini siswa dilatih untuk menjadi seorang muadzin, menjadi orang yang berani mengumandangkan iqomah, serta berani menjadi imam.
Hal ini dilakukan agar seluruh siswa putra memiliki bekal kemampuan spiritual, kepercayaan diri yang kuat bagi tumbuhnya karakter berani karena benar.
Kebersamaan sholat berjamaah diharapkan dapat membangun sikap solidaritas sosial, tanggung jawab sosial, serta rasa toleransi yang kuat dalam jiwa anak-anak didik MIN 13 Jakarta Timur.
Ketepatan waktu mengerjakan sholat diharapkan dapat menumbuhkembangkan sikap disiplin waktu. Dengan didasari sikap disiplin mengerjakan sholat fardhu maka akan muncul jiwa-jiwa patriotisme cinta tanah air, cinta negara dan bangsa Indonesia.
Sebagai kaum muslimin terbesar di Indonesia sangat diperlukan jiwa-jiwa yang penuh karakter positif bagi kemajuan bangsa ini dan akan memberikan keberkahan dari Sabang sampai Merauke negeri ini.
Harapan impian akan menjadi kenyataan jika kegiatan sholat Zuhur berjamaah dilakukan secara konsisten dan butuh kesabaran, keikhlasan, dan kemauan untuk menemani siswa siswi dalam melakukannya. Ya guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang mampu mengubah generasi bangsa ini menjadi generasi yang hebat bermartabat secara individual, sosial ,dan spiritual. Yati Sumiati MIN 13 Jakarta Timur

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below