OUTING CLASS KELAS 5 MIN 13 JAKARTA

Penulis : Waliman, S. Pd

Tugas : MIN 13 Jakarta

Email : walimangurukls5c@gmail.com

Keceriaan tampak terihat di wajah anak – anak yang sebahagian diikuti oleh orang tuangnya saat berada di pool bus PO Kramst Jati yang terletak di jalan Raya Bogor, saat mereka akan menuju kawasan Puncak. Perjalanan cukup lancar dengan cuaca yang sangat cerah pagi itu sehingga menambah kesengan tersendiri bagi anak – anak yang didampingi oleh para wali kelas dan beberapa guru. Hampir dua jam kita menempuh perjalanan itu dengan menyusuri jalan yang sangat sempit turunan yang curam dan tanjakan yang terjal menambah semua yang ada di atas bus itu spot jantung.
Sesampai di tempat outing kita masih pagi kurang dari pukul sembilan,sehingga kita punya kesempatan untuk melaksanakan sholat dzuha di aula  outing CITRA ALAM RIVERSIDE di hulu sungai Ciliwung. Di sini kita disambut oleh beberapa kakak pemandu wisata yang sangat ramah dengan memperkenalkan banyak keiatan yang akan dilakukan serta nama kegiatannya. Peserta outing dibagi menjadi lima kelompok sesuai kegiatan yang akan dilakukan yaittu permainan boldozer, mencari bolaemas , tarik tambang di atas lumpur, aral lintang , memindahkan menara bola.
Ada kegiatan yang sangat menarik dan tidak termasuk berkelompok yaitu menangkap ikan mas dan arung jeram, dua kegiatan ini sangat antusies mereka mengikutinya. Dengan semangat mereka acara kegiatan yang dipandu oleh kakak pemandu, di sini mereka mendapat ilmu dan pengalaman  antara lain :  pentingnya bekerja sama , kecermatan, tidak boleh menyalahkan orang lain, menerima hasil kenyataan dari kelompok sediri dan mengakui kemampuan orang lain.
Tak kalah seru adalah acara kegiatan arung jeram, dengan mengarungi kali Ciliwung yang aliran airnya sangat deras ,mereka diberi pengarahan, petunjuk, diperagakan cara mengendarai alat arung jeram, serta posisi tubuh jika menghadapi kendala pada saat menghadapi arus,hal ini menjadi bertambah tinggi nyali meteka mengikuti kegiatan arung jeram. Karena pesertanya 74 peserta maka mereka harus sabar menunggu antrian. Semua kegiatan ini berakhir pukul 13 : 30 dilanjutkan dengan makan siang yang disediakan oleh pihak pengelola, sholat dzuhur berjama’ah dan istirahat.
Sebelum meninggal tempat ini peserta outing diberikan tes tertulis oleh pemandu, meteka bebas menjawab dan diperbolehkan bertanya kepada siapa saja yang di lokasi ini.selesai melaksanakan tugas kembali berkumpul unuk menyampaikan kesan dan pesan dari pihak MIN 13 diwakili oleh Bapak Laras Prihanto, S. Pd. I sekali menerima kenangandari pengelola untuk lembaga, dan sebelum pulang kita sholat azhar bejama’ah bertindak sebai imam Bapak Waliman.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below