OUTING CLASS,  Menumbuhkan Motivasi  Belajar  Siswa

Oleh : Nahayati, M.Pd

Tugas : MIN 13 Jakarta

Email : min13jaktim.nahayati@gmail.com

Sebagai seorang guru, kita dituntut untuk memberikan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan bagi pserta didik. Pembelajaran itu bisa dilakukan di dalam ruangan seperti kelas atau bisa juga dilakukan di luar kelas.

Salah satu metode pembelajaran di luar kelas adalah dengan melakukan Outing Class

Pembelajaran outing class adalah suatu pembelajaran yang dilakukan peserta didik di luar ruangan atau kelas yang bertujuan membekali keterampilan psesrta didik dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Dengan tujuan itulah kami dari KKG kelas 2 membuat rencana mengadakan kegiatan outing class untuk peserta didik kelas 2 yang terdiri 3 rombel ( 2 A, 2 B, dan 2 C) dengan jumlah siswa sebanyak 96 orang. Kegiatan in dapat terlaksana dengan baik karena kami para wali kelas dibantu oleh orang tua murid yang bergabung dalam Koordinator Kelas (Kolas).

Dari para Kolas terbentuk kepengurusan sebagai berikut :

Ketua                          : Mama Amar (kelas 2 A)

Sekretaris                   : Umi Syahid (Kelas 2 C)

Bendahara                 : Mama Almira (Kelas 2 A)

Humas                        : Mama Keitha (Kelas 2 A)

Konsumsi                   : Mama Nanda, Mama Dinesh (Kelas 2 B) dan Mama Malika (2 C)

Perlengkapan            : Mama Rafa (kelas 2 B, dan Mama Adila (kelas 2 A)

Dokumentasi             : Mama Azami (2 B) dan Mama Andika (2 C)

Dari hasil keputusan para panitia dan bimbingan wali kelas, kami mengadakan kegiatan outing class pada :

Hari/ Tanggal            : Rabu, 20 Februari 2019

Tujuan                      : Dunia Air Tawar, Dunia Serangga,  Museum IPTEK dan Museum  Al-Qur’an di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kami memilih tempat tersebut, karena berkaitan dengan tema pembelajaran di kelas 2 tentang : Hewan dan Tumbuhan di sekitarku (tema 5) dan Pengalamanku di Tempat Wisata (tema 6).

Dengan terbentuk kepengurusan itulah outing class dapat terlaksana dengan sukses dan lancar. Para panitia berusaha keras membuat rencana dengan menyiapkan akomodasi, survey lapangan, dan menyiapkan segala perbekalan yang dibutuhkan anak-anak saat aoting class. Kami para wali kelas yang terdiri dari : Ibu Mubsirah, S.Pd.I (wali kelas 2 A), Ibu Hj. Nahayati, M.Pd (wali kelas 2 B), ibu Yuhana, S.Pd.I (wali kelas 2 C) dan Bapak Zaini, S.Pd.I (guru mapel agama di kelas 2) ikut mendampingi anak-anak saat outing class, sekaligus menyiapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang akan diisi oleh para siswa saat mereka mengadakan pengamatan.

Seluruh peserta didik yang ikut dalam kegiatan outing class ini sangat senang dan gembira, ini terlihat dari wajah-wajah mereka yang sangat antusias mengikuti outing class ini.

Tempat atau objek yang pertama kami kunjungi adalah Museum IPTEK, disini peserta didik mengamati obek hewan Dinosaurus yang berada di depan pintu masuk dan mengamati wujud benda (gas) yang ada di ruang Demo Sains (Kaitan dengan pembelajaran wujud benda (semester ganjil).

Kegiatan Outing Class dilanjutkan ke Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga, di tempat ini peserta didik mengamati hewan di sekitarnya terutama jenis ikan dan serangga yang berjumlah kurang lebih 1.200 – 3.000 jenis ikan dan serangga yang terdapat di lokasi tersebut. Peserta didik mencatat hasil pengamatannya di LKS yang sudah kami persiapkan dibantu oleh Team Pemandu dari objek wisata tersebut.

Kegiatan outing class berakhir di Museum Alqur’an, di tempat wisata ini, anak-anak diperkenalkan dengan hewan burung yang banyak diceritakan dalam Alqur’an.

Semua kegiatan pembelajaran metode outing class sangat bermanfaat bagi peserta didik, karena unsur yang ditawarkan dalam media outing class adalah belajar sambil bekerja di lapangan dengan cara yang sangat menyenangkan. Anak-anak belajar melalui proses mengalami sendiri dan berinteraksi intens sambil bermain dengan teman-temannya yang dilakukan di alam terbuka. Semua itu  menjadi pengalaman yang penuh makna dan tidak akan terlupakan oleh mereka.

Alhamdulillah kegiatan outing class ini berjalan dengan sukses dan lancar, tidak ada kendala yang kami hadapi, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakehoder mulai dari Bapak Kamad MIN 13 Jakarta Timur, Bapak Edi Sulaksono, M.Pd  yang sudah memberikan izin dan supportnya, orang tua yang bergabung dalam Koordiator Kelas yang membantu kegiatan outing class mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan, wali kelas yang mendampingi anak-anak di dalam pembelajaran, wali murid, dan seluruh siswa yang berperan aktif. Semoga  outing class ini merupakan  salah satu kegiatan untuk menghebatkan peserta didik, dan menghebatkan Madrasah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below