PENERAPAN TIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis : Sri Turi Saenah N, S.Pd

Tugas : MIN 13 Jakarta

Email : min13jaktim.srituri@gmail.com

Pada era informasi global, dimana banyak kalangan yang memanfaatkan teknologi komputer dalam menggali dan mengolah berbagai informasi. Melalui media komputer, informasi yang diperoleh tidak hanya sekedar informasi suara atau gambar, namun informasi bisa bersifat multimedia. Kita dapat memanfaatkan komputer dengan berbagai cara yakni komputer bisa sebagai alat bantu menulis, menggambar ataupun mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data penelitian maupun untuk mengoperasikan program penyelesaian berbagai problem ilmiah, bisnis dan juga untuk mengendalikan pesawat luar angkas.

Komputer pada saat ini sudah diperkenalkan dan digunakan di sekolah-sekolah, mulai dari tingkat anak-anak hingga ke perguruan tinggi baik di perkotaan ataupun di pedesaan. Selain digunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran yang aktif, komputer juga dapat bersifat audiovisual guna memudahkan proses pembelajaran dan komputer juga memberikan kemudahan dalam mencari serta menghasilan bahan pembelajaran secara efektif dan efisien yaitu dengan adanya perpusatakaan elektronik (e-library). Oleh karena itu, guru harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran.

Dewasa ini, komputer memiliki kemampuan untuk menggabungkan dan mengendalikan berbagai peralatan lain seperti CD player, video tape dan juga audio tape. Selain itu komputer juga dapat merekam, menganalisis dan memberi reaksi kepada respons yang diinput oleh pengguna. Komputer juga merupakan media yang dapat membantu pembelajar untuk belajar secara mandiri misalnya mengakses bentuk pembelajaran yang berupa sistem pembelajran modul ataupun pembelajaran dengan bantuan komputer (computer assisted instruction / CAI). Pengajaran dengan bantuan komputer (CAI) ini dikembangkan dalam beberapa format yakni drills and practice, tutorial, simulasi, permainan dan discovery. Dengan bantuan komputer, pembelajaran dapat menjadi lebih menarik karena tampilan-tampilan dari layar bisa dibuat dengan berbagai variasi yang menarik.

Kehadiran komputer dan aplikasinya sebagai bagian dari teknologi dan komunikasi dapat mengubah paradigma sistem pembelajaran yang semula bersifat tradisional. Pembelajaran yang dahulunya hanya mengandalkan tatap muka, kini beralih menjadi sebuah sistem pembelajaran yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Sistem pembelajaran yang berbasis komputer menjadikan peran yang dimainkan oleh komputer tergantung pada tujuan pembelajaran itu sendiri.

TIK secara umum didefinisikan sebagai teknologi yang berfungsi untuk mendukung proses penyampaian informasi dan komunikasi. Pada era global, proses penyampaian informasi tidak hanya dapat dilakukan dengan interaksi langsung antar komunikator dengan komunikan. Dengan adanya perkembangan TIK, komunikator dan komunikan dapat berkomunikasi melalui telepon, internet, email dan sebagainya.

Kasus yang sama dapat pula diterapkan pada pembelajaran bahasa dimana terjadi proses komunikasi antara guru dan siswa di dalamnya. Namun, proses belajar tidak selalu dilaksanakan dengan mengkondisikan guru dan siswa dalam sebuah kelas yang sama atau tempat tertentu secara langsung. Jika guru maupun siswa tidak dapat menghadiri kelas, proses pembelajaran masih dapat dilakukam dengan perangkat TIK. Sebagi contoh, seorang guru dapat memanfaatkan TIK melalui konferensi video. Perangkat ini memungkinkan guru untuk mengajar atau memantau siswa dalam proses belajar dengan melihat dan berkomunikasi secara langsung walaupun tidak dapat hadir pada tempat yang sama dengan siswa. Guru juga dapat menggunakan internet sebagai media untuk memberikan materi pelajaran, tugas atau informasi lain untuk siswa sehingga siswa yang tidak hadir dapar mengakses pelajaran atau informasi dari guru melalui internet.

Berdasarkan contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam konteks pembelajaran bahasa, TIK berperan sebagai “jembatan” dan memungkinkan proses pembelajaran atau bahkan komunikasi langsung antara siswa dan guru walaupun mereka tidak berada dalam satu ruangan yang sama. Dalam beberapa konteks, TIK beserta peralatan pendukung lainnya dapat pula bertindak sebagai “guru” atau “tutor”. Penggunaan software tertentu seperti program multimedia, program pembelajaran bahasa (seperti “tutorial”) dapat diciptakan oleh guru untuk memudahkan siswa mengikuti pembelajaran dengan panduan, instruksi atau penjelasan lebih jauh untuk istilah-istilah tertentu yang ditautkan dalam program.

Dalam pembelajaran bahasa, sebagian orang berpikir bahwa mengajarkan grammar membuang-buang waktu bahkan membosankan. Oleh karena itu, pemanfaatan TIK komputer sebagai alat pendukung pengajaran grammar dapat menyediakan kenyamanan baik bagi siswa maupun guru.

Setelah merancang program, guru tidak perlu menjelaskan dan menjawab pertanyaan terkait permasalahan grammar sepanjang waktu, sebab siswa dapat mempelajari grammar melalui program pembelajaran bahasa dari komputer sesuai minat mereka, kebutuhan dan ketersediaan waktu tanpa harus datang bertatap muka dengan guru, tanpa merasa malu saat melakukan kesalahan ketika menjawab pertanyaan dan mereka dapat mengulangi pelajaran atau latihan yang mereka belum paham.

Manfaat lain TIK-komputer adalah dapat menjadi buku-buku referensi yang tak terpisahkan. Komputer dapat menyimpan pelajaran atau referensi yang tak terbatas yang dapat diakses kapanpun dan oleh siapapun pada saat yang sama dan menjadikannya lebih efisien dibandingkan dengan buku-buku pada umumnya. Jika dikombinasikan dengan media yang lain seperti video, TIK-komputer dapat berperan sebagai teman bagi siswa dalam permainan edukatif atau sebagai sumber materi belajar yang dapat memberikan ilustrasi konsep yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Berbagai latihan dalam jumlah besar dapat dilakukan dengan TIK, caranya adalah dengan menggabungkan presentasi stimulus dalam beragam kombinasi format teks, materi audio dan video. TIK juga memberikan kemungkinan untuk menganalisis respon siswa dengan umpan balik dan percabangan yang tepat. Beberapa peralatan TIK sangat membantu dalam memfasilitasi paket keragaman latihan bahasa diantaranya 1) latihangrammar, contoh: CLEF(Computer Assisted Learning Exercises for French/Latihan Belajar Bahasa Perancis dengan Bantuan Komputer); 2) menyimak, mengulangi dan membandingkan, contoh: seri CD-ROM TELL Consortium Encounters; dan 3) Pengenal Percakapan Otomatis, contoh:CD-ROM Tell Me More Auralog.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below