Swadana Kegiatan Ekstrakurikuler

Penulis : Nahayati

Tugas : MIN 13 Jakarta

Email : min13jaktim.nahayati@gmail.com

Permendikbud No.75 Tahun 2016 pasal 10 ayat (2) disebutkan  “Penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya sebagaimana dimaksud pada ayat 1 (bentuk  bantuan dan/atau sumbangan bukan pungutan.” Hasil penggalangan dana dapat dipergunakan untuk pembiayaan program/ kegiatan terkait peningkatan mutu Sekolah yang tidak dianggarkan ( ayat 5, bagian (b).

Berdasarkan regulasi tersebut di atas, Komite Sekolah MIN 13 Jakarta Timur, berupaya mengumpumpulkan dana dari siswa secara sukarela yang biasa kami sebut infaq harian. Infaq harian ini dikumpulkan siswa secara sukarela setiap harinya, mulai dari Rp.1.000,- sampai nominal yang tidak ditentukan. Setiap hari dana infaq yang dikumpulkan siswa disetor ke Komite Kelas (Kolas) kemudian di setiap pekannya para Kolas menyetorkan uang infaq harian tersebut ke bendahara komite. Setiap pekan bendahara komite melaporkan hasil infaq harian tersebut ke  Stakeholder Sekolah (Kepala Madrasah, Guru,karyawan,  Komite, para wali murid ), sehingga setiap saat bisa dipantau dan diketahui oleh kami.
Mulai Januari 2019 ini, pengurus komite yang terdiri dari :
ketua :  Bapak H.M. Kamdi
Sekretaris :Ibu  Sri Damayanti
Bendahara : Ibu Sutami
Pengurus Komite Sekolah memberikan penghargaan kepada kelas yang mengumpulkan dana infaq harian terbanyak, dengan memberikan “Piala Bergilir”. Pada bulan Januari ini, kelas yang terbanyak mengumpulkan dana infaq periode bulan Desember diraih oleh: kelas 1 A dengan wali kelas Sri Turi Saenah N, S.Pd, dengan perolehan infaq sebesar Rp. 1.056.000,-
Alhamdulillah, infaq harian yang dikumpulkan siswa setiap hari dapat membantu dan memperlancar kegiatan Madrasah terutama ekstrakurikuler. Insya Allah kegiatan Ekstrakurikuler ini adalah salah satu inisiatif kepala madrasah MIN 13 Jakarta Timur, Bapak Edi Sulaksono, M.Pd untuk menghebatkan Madrasah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below