Kegiatan Gernastastaka Sesi II

Penulis : Nahayati

Tugas : Guru MIN 13 Jakarta Timur

Email : min13jaktim.nahayati@gmail.com

Dalam mewujudkan Madrasah Hebat dan Bermartabat, MIN 13 Jakarta terus meningkatkan Kualitas dan Kuantitasnya. Dari segi kualitas SDM nya Kepala Madrasah terus meningkatkan potensi dan mengembangkan ilmu para pendidiknya dengan melanjutkan kegitana lokakarya yang sudah diprogramkan sampai 7 pertemuan mendatang.

Lokakarya pertama sudah selesai dilaksanakn pada tanggal 8 Desember lalu, dengan meteri  “Belajar dan Mengajar Matematika”. Pada lokakarya sesi II dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2018, dengan materi  “Belajar dan Mengajar Bilangan”
Pada materi Belajar dan Mengajar Bilangan
materi yang disampaikan adalah tentang kemampuan dan keterampilan matematika.
Di dalam kemampuan dan ketrampilan ini, kami diajarkan tentang:
1. Bilangan ganjil dan genap
2. Nilai tempat suatu bilangan
3. Pecahan Senilai
4. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bilangan
Kemampuan matematika adalah:
Kemampuan menyusun informasi berkaitan bilangan yang membantu seseorang memahami dan menyelesaikan masalah melibatkan sifat dan operasi bilangan (Bobis,1996)
Contoh kemampuan matematika :
  • memperkirakan
  • membandingkan
  • mengurutkan
Keterampilan matematika adalah:
Keterampilan dalam berhitung (komputasi) ditunjukkan melalui fleksibilitas metode yang digunakan dalam memperoleh jawaban yang tepat serta kemampuan seseorang dalam menjelaskan metode yang digunakan.
 (Russel, 2000)
Contoh keterampilan matematika adalah:
  • fakta bilangan
  • komputasi
Pembelajaran  dimulai dengan mengenal Bilangan ganjil dan genap.
Pada point ini, kami diajak bermain dengan tujuan  mengenal bilangan ganjil dan genap beserta penjumlahannya dengan cara bernain (game).
Misalnya:
Bilangan ganjil; 1,3,5,7,9,
Bilangan genap; 2,4,6,8,..
Membuktikan bilangan genap + bilangan ganjil = ganjil
contoh : 2 + 3 = 5
            4 + 3 = 7
Dari hasil permainan ini, maka terbentuklah kelompok dalam lokakarya ini.
Point kedua: Nilai tempat suatu bilangan
Pada pembelajaran ini kami diajak bermain kembali. Permainan ini dimulai dengan mengambil potongan kertas kecil (satuan) yang sudah disiapkan panitia. Masing-masing kelompok mengambil potongan kertas kecil itu sesukanya. Setelah itu sepuluh potongan kertas kecil bisa ditukarkan dengan selembar kertas yang lebih besar dengan warna yang berbeda (puluhan). Dan sepuluh kertas itu bisa ditukar kembali dengan lembaran kertas yang lebih besar (ratusan). (lihat gambar)
Point ketiga: pecahan senilai
Pada pembelajaran ini, setiap kelompok diberikan selembar kertas dengan bentuk persegi. Kami ditantang untuk membuat gambar pecahan senilai sebanyak-banyaknya dengan bentuk dan model yang berbeda. (liat gambar)
Dan terakhir, kami diminta untuk menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bilangan. Dalam menyelesaikan permasalahan dalam soal cerita, kami diajarkan langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut,antara lain:
  1. memahami masalah
  2. membuat rencana
  3. melakukan strategi
  4. memeriksa kembali
Memahami masalah : menuliskan data yang tercantum dalam masalah tersebut, dan memahami pertanyaan yang diminta.
Membuat rencana: memikirkan rencana apa yang akan kita lakukan sekaligus mencari strategi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Strategi ini bisa dengan gambar, data, kolom, dll. Dan terakhir kita memeriksa kembali hasil yang diperoleh, apakah hasilnya sudah benar atau belum.
Demikian berita yang saya sampaikan dari hasil lokakarya sesi II, semoga bermanfaat. Insya Allah akan saya laporkan kembali lokakarya berikutnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below