Menumbuh kembangkan Bakat Literasi Madrasah

Penulis : Nahayati

Tugas : Guru MIN 13 Jakarta Timur

Email : min13jaktim.nahayati@gmail.com

 

Pemerintah Indonesia sedang menggiatkan Program Literasi Sekolah/ Madrasah ( GLS/ GLM). Program ini dicanangkan karena melihat data statistik yang berasal dari UNESCO, Indonesia menempati peringkat 60 dari 61 negara. Data ini menunjukkan minat baca Indonesia sangatlah rendah.

Melihat kenyataan ini, MIN 13 Jakarta Timur menyambut baik program pemerintah dengan membentuk pengurus Literasi Sekolah dari pihak guru dan pengurus literasi dari pihak siswa.Pengurus Literasi dari siswa kami bentuk utk menumbuhkrmbangkan bakat literasi yang mencakup membaca, menulis dan mengolah informasi yang mereka dapatkan. Pengurus Literasi kelas terdiri dari ketua, sekretaris dan anggota di setiap kelas.
Tugas pengurus literasi kelas antara lain :
1. Memantau dan mencatat kegiatan Reading Corner kelas.
2. Memotivasi dan menyemangati teman-teman di kelas utk membuat karya sastra seperti menulis cerpen, puisi, atau berimajenasi dengan gambar, hasil mereka akan di pajang di mading kelas masing-masing, sedangkan
hasil terbaik kelas akan mereka serahkan ke Tim Literasi sekolah yang akan di pajang di Mading Sekolah.
3. Mewawancarai siswa berprestasi dan terbaik di sekolah, yg nantinya akan diolah menjadi biografi siswa berprestasi di salah satu kolom Mading Sekolah. Profil siswa ini akan menjadi motivasi dan contoh teladan bagi siswa yang lain
Wawancara ini bisa juga ditujukan kepada seluruh karyawan MIN 13 Jakarta Timur.
Itulah beberapa Program Literasi Madrasah yang kami giatkan di Madrasah. Semoga program Gerakan Literasi Madrasah ini bisa menumbuhkembangkan bakat literasi di kalangan siswa.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below