WISUDA MAN 2 JAKARTA: MENJADI INSAN MANDIRI YANG BERAKHLAK MULIA

Oleh : Yuyum Daryumi

Email : yuyumdaryumi@yahoo.com

Tugas : MAN 2 Jakarta

 

Perhelatan tahunan MAN 2 Jakarta berupa wisuda dan pelepasan peserta didik kelas XII Tahun Ajaran 2017-2018 digelar hari Rabu, 2 Mei 2018. Bertempat di Teater Garuda Taman Miani Indonesia  Indah, acara ini dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Prov DKIJakarta, H.Karsa Sukarsa, M.Pd., Ketua Komite MAN 2 Jakarta, H. Ahmad Zamili, S.Pd.I, M.Si, dewan guru dan tenaga kependidikan, dan seluruh orang tua wisudawan. Hadir pula kepala MAN 2 Jakarta periode 2009-2013, Dra.Hj. Isnadiar Dekok, MM.

Pada tahun ini MAN 2 Jakarta telah berhasil meluluskan 242 peserta didik yang terdiri dari Program Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa, dan Program Keagamaan. Program IPA berjumlah 105 peserta didik dengan wali kelas IPA 1 Drs.Sudiarto, kelas IPA 2 Drs. Erwan, dan kelas IPA 3 Afair Chilia Dharmawati, S.Pd. Program IPS berjumlah 72 peserta didik dengan wali kelas IPS 1 Dahlan, S.Ag dan wali kelas IPS 2 Sri Nurjannah, S.Pd. Program Bahasa berjumlah34 peserta didik dengan wali kelas Dewi Setiawaty, S.Pd. Program Keagamaan berjumlah 32 peserta didik dengan walikelas Zaenal, S.Ag.

Dalam sambutannya H.Karsa Sukarsa, M.Pd. menegaskan, “MAN 2 Jakarta termasuk salah satu madrasah yang diminati masyarakat karena memiliki keunggulan.Saya berharap agar wisudawan kali ini dapat membawa nama baik MAN 2 Jakarta.”Setelah menyampaikan sambutan, Kepala Bidang Penmad Kanwil Kemenag Prov DKI Jakarta ini juga sempat menyampaikan penghargaan pada siswa berprestasi bidang non-Akademis. Selain memiliki prestasi bidang akademis, siswa MAN 2 Jakarta yang diwisuda kali pun banyak yang mengharumkan MAN 2 dalam bidang non-Akademis. Mereka yang melejit di tingkat nasional adalah:

  1. Zahrul Ramadhan (Juara II Karya Ilmiah Remaja bidang IPA)
  2. Sausan Azzahro (Juara II Karya Ilmiah Remaja bidang IPA)
  3. Maya Selawati Dewi (Juara I Karya Ilmiah Remaja bidang IPS)
  4. Dwilda Alnando dan Nurya Fahrurosyidin (Juara 1 Nasional Lomba Line Follower Fast and Furios Tracer Tech Fest di Univ. Prasetya Mulya)
  5. Fajriyah Maulida (Medali emas Taekwondo pada Festival Nasional Setu 5)
  6. Nurul Aulia Syifa (PPMN Pramuka di Bangka Belitung)

Dalam bidang akademis, terpilih beberapa siswa yang mewakili setiap program, yakni:

  1. Program IPA:

Juara I Taufik Fuad Dermawan

Juara II Syekhoh Sulthonah

Juara III Erika Ditiya Putri Pratama

  1. Program IPS:

Juara I Mariyah Haidar Cahya Annisa

Juara II Olife Oktavia Putri

Juara III Dera Fajrin Aldini

  1. Program Ilmu Bahasa

Juara I Rahmi

Juara II Deliya Banondari Saridona

Juara IIIeGHA Risda Fauziah

  1. Program Ilmu Keagamaan

Juara I Ira Dwi Hutami

Juara II Nabilah Azzahra

Juara III Saniyyah Nurul Fathimah

 

Selain bidang akademis dan Non-Akademis, sebagai sekolah yang mengedepankan akhlak, MAN 2 Jakarta juga memberikan penghargaan pada siswa yang memiliki sikap dan ibadah yang baik.Untuk tahun ini, dua siswa yang layak dijadikan contoh dalam hal akhlak dan ketaatan beribadah adalah Azzah Mahmudah dan Rafika Ananda, kelas XII Agama.

 

“Kami turut bangga karena MAN 2 Jakarta memiliki siswa yang tak hanya cerdas dalam bidang akademis, tapi juga mampu menjuarai berbagai bidang yaitu teknologi, seni, hingga bela diri. Ini menunjukkan bahwa  MAN 2 Jakarta telah memenuhi beberapa kriteria sebagai madrasah yang hebat dan bermartabat.” Demikian ungkap ketua Komite MAN 2 Jakarta, H.Ahmad Zamili, S.PdI, M.Pd.

 

Acara yang dimulai sejak pukul 8.00 WIB ini dimeriahkan pula dengan penampilan seni dari beberapa ekskul.Sebagai pembuka, Tari “Nandak Ganjen” membuat seluruh hadirin bertepuk tangan dengan lenggok tari khas Betawi.Tak sampai di situ, kelompok tari Saman dengan gerakannya yang kompak mampu memukau seluruh hadirin pagi itu. Sajian berikutnya yang tak kalah menarik adalah kelompok paduan suara yang mengiringi acara sejak awal dengan memandu lagu “Indonesia Raya”, sesekali tampil di atas panggung membawakan lagu “Sirih Kuning”, menambah khidmat acara dengan lagu “Mars dan Hymne Madrasah”, hingga mengirngi sepanjang prosesi wisuda. Kelompok paduan suara yang solid dan harmoni ini di bawah bimbingan Dwi Indriani, M.Pd. dengan konduktor Aufa Qatrunnada.

Acara ini diakhiri dengan penampilan Band MAN 2 Jakarta yang digawangi oleh Sulthan dengan vokalis Rayhan dan Halwa.Mereka membawakan lagu “Ibu”, “Hujan Gerimis Aje” yang dipopulerkan Benyamin Suaeb, dan ‘Arti Sahabat”.

Wajah-wajah gembira tak tampak pada wisudawan, tapijuga seluruh orang tua.“Kami berterima kasih sekali pada seluruh guru MAN 2 Jakarta yang telah membimbing dan mengantarkan anak saya hingga dapat berprestasi seperti sekarang ini.”Ujar orang Tua Sausan Azzahro, salah satu wisudawan berprestasi dari kelas XII IPA 1.

“Acaranya juga bagus, cukup khidmat, dan sesuai waktu yang telah ditentukan,” demikian komentar Bapak Salyo, salah satu orang tua wisudawan kelas XII IPS 2.

 

Apa yang telah dilakukan hari ini bukanlah langkah akhir bagi mereka. Justru inilah awal bagi seluruh wisudawan untuk melangkah ke depan, menentukan masa depan mereka sendiri agar menjadi manusia yang mandiri dan berakhlak mulia. Selamat pada seluruh wisudawan, Jayalah MAN 2 Jakarta! (Yuyum Daryumi)

 

 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below