Mendidik Siswa Madrasah Zaman Now

oleh    : Sunarti , S.Pd.
Tugas  : MIN 13 JakTim
Sebagai guru ,kami memberikan gambaran dan penjelasan mengapa siswa zaman dulu berbedadengan zaman sekarang.
Diantaranya adalah bahwa ,siswa zaman sekarang lahir dan tumbuh diera digtal ,era yang serba cepat,serba instan dan lain sebagainya.
Sedangkan ,siswa zaman dahulu ,mereka cenderung tumbuh dalam lingkungan yang menerima kondisi apa adanya, dan selalu bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu
.
Maka dari itu dengan lingkungan yang berbeda ,pasti karakter dan sikap yang tumbuh dan berkembang pada diri siswa juga berbeda pula.
Sehingga cara mengekspresikan diri,siswa dahulu dan sekarang pun berbeda.

Fenomena Kids Zaman Now
Adanya perubahan sikap dan karakter antara siswa zaman  dahulu dengan siswa zaman sekarang salah satu penyebab utamanya adalah perkermbangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang maju pesat.
oleh karena itu ,adanya keakraban interaksi antara siswa dan tehnologi saat ini.
kita semua tidak bisa memungkiri bahwa siswa saat ini tergolong Kids Zaman Now akhir akhir ini menjadi viral.

Oleh karena itu guru,sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap perkembangan siswa di madrasah, hendaknya bisa lebih mengintropeksi diri kearah lebih baik dan menjadi penyelam yang baik bagi siswa.
Selama ini orang tua juga diharapkan bisa mengintropeksi diri untuk semakin menjadi lebih baik,bisa mendidik anaknya dengan baik serta menjalin komunikasi yang baikdengan anaknya di rumah.

Menjadi Guru Zaman Now
Untuk mendidik siswa zaman now ,guru juga hendaknya menjadi guru zaman now.
Guru Zaman Now disini adalah :
1. Guru yang mampu menginspirasi siswanya, Guru yang mengenali siswanya tidak hanya nama, namun tahu karakter siswanya masing masing.
Dan guru yang memiliki kemampuan dan ketrampilan yang bisa diajarkan kesiswa dan bisa digunakan di masyarakat.
2. Guru harus selalu mengapdate ilmu pengetahuan, artinya guru harus selalu belajar ilmu pegetahuan baru, menjadi teladan siswa untuk selalu belajar.
3. Guru memahami bahwa kecerdasan siswa tidak sama, sehingga dengan guru mengetahui beragamnya kecerdasan siswa,gru tentu bisa lebih efektif dalam mendidik.
4. Guru bisa berkomunikasi dengan siswa, artinya tiak hanya berkomunikasi verbal,tetapi bisa dengan hati,isyarat dan lain lain.
5. Guru mendidik dengan hati nurani, artinya guru haruslah mendampingi anak anak menjadi lebih baik lagi.

Akhirnya , perlu keteladanan dan contoh yang baik dari guru, masyarakat dan stakeholder lainnya untuk membentuk dan memdidik siswa madrasah zaman now,menjadi siswa yang positif , berfikir maju dan kreatif dan mampu bertanggung jawab untukbisa berpera dalam pembangunan Nasional.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below