TIPS BELAJAR OPTIMAL SELAMA BERPUASA

OLEH                        : SUNARTI ,S.Pd.

E-MAIL                      : min13jaktim.sunarti@gmail.com

TEMPAT TUGAS      : MIN 13 JAKARTA TIMUR

 

Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Umat islam mulai menjalankan ibadah puasa .Selama bulan puasa ,tentu banyak dari kita yang merasakan beberapa perubahan aktivitas kita sehari-hari, mulai dari waktu tidur, bangun, ibadah sahur dan sebagainya.

Bagi sebagian orang perubahan yang terjadi sering berakibat tidak optimalnya kinerja tubuh dalam beraktivitas ,karena kita kurang mempersiapkan diri dan tidak mampu beradaptasi dengan baik dengan perubahan yang ada.

Bagaimana dengan belajar ?

Sebagai salah satu aktivitas rutin yang kita lakukan ,aktivitas belajar akan terpengaruh apabila kita tidak beradaptasi.

Untuk tetap belajar dengan optimal selama berpuasa maka simak tips berikut :

  1. Sahur bergizi

Makan dan minum sewaktu sahur dan berbuka di ajurkan tidak berlebihan ,namun yang lebih penting adalah kualitas makanan dan minuman yang sehat dan memenuhi kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan puasa.

  1. Belajar setelah sahur

Tidur setelah sahur justru lebih banyak membuat kita merasa lemas pada saat bangun. sehingga lebih baik memaksimalkan tidur dimalam hari, selain mengaji ,tentunya waktu ini dapat dimanfaatkan untuk belajar.

  1. Tidur siang

Manfaatkan waktu siang hari untuk beristirahat dengan tidur siang.

  1. Belajar di sore hari

Sore hari bisa kita manfaatkan untuk belajar suatu hal yang baru, misalnya membaca berita, buku biograf iatau yang lainnya yang dapat menambah wawasan.

  1. Tidur cukup di malam hari

Di bulanpuasa ,akan ada lebih banyak kegiatan yang membuat kita tidur larut dari biasanya. kita harus tahu, kapan sebaiknya kita tidur larut, dan kapan sebaiknya kita istirahat, sesuai keadaan fisik,emosi, dan aktivitas yang akan dilakukan keesokan harinya.

  1. Belajar online

Dengan belajar online kita bisa belajar dari rumah, dari berbagai sumber pula, dan bias belajar lebih banyak hal dari pada yang bisa dipelajari pada pertemuan tatap muka di sekolah.

  1. Belajar agama

Suasana bulan Ramadhan selalu membuat kita merasa lebih dekat kepada Sang Penciptanya. Manfaatkan suasana hati untuk belajar agama lebih banyak.

  1. Aktivitasfisikringan

Selama berpuasa, alangkah baiknya jika kita tetap melakukan beberapa aktivitas fisik untuk menjaga kesegaran otak kita dalam belajar. Aktivitas fisik mringan bisa kital akukan agar tubuh kita tetap prima.

  1. Be happy

Berbahagialah saat berpuasa

 

Demikian tips belajar optimal selama berpuasa, semoga bermanfaat untuk kita semua, khususnya siswa yang mengikuti pembelajaran di madrasah.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below